Berita Terbaru Digital Marketing – Sosial media marketing atau sosial media marketing (SMM) adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan tidak berbayar. Saat ini banyak marketets yang memanfaatkan peluang dari semakin populernya media sosial di kalangan pengguna internet. Mereka lebih memilih jalan untuk memasarkan produk melewati media sosial. Dengan cara ini artinya produk mereka sudah bisa dikenal hingga keluar negeri.

Pengertian dan Contoh Platform Sosial Media Marketing

Memahami Sosial media marketing

Sosial media marketing merupakan sebuah bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan media sosial dan situs web jaringan sebagai alat utamanya. Tujuan dari hal ini yaitu untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan organik. Berbagai macam keuntungan menjadi pertimbangan kenapa pemakaian SMM saat ini semakin meningkat.

Pemasaran media sosial melibatkan aktivitas seperti membangun kehadiran di jejaring sosial, menyebarkan kesadaran merek, melibatkan prospek dan pelanggan melalui konten, mengarahkan lalu lintas ke situs web, dan sebagainya. Sosial media marketing akan memakai media sosial untuk pertama kali muncul di platform sosial yang populer. Mereka kemudian akan mempromosikan produk dan layanan yang melibatkan audiens untuk meningkatkan konversi dan ROI.

Contoh Platform Sosial media marketing

  1. Facebook

Dengan pengguna aktif bulanan mencapai 2,38 miliar. Facebook merupakan salah satu platform yang sangat baik untuk melakukan Sosial media marketing saat ini. Karena hampir semua orang pasti akan memiliki akun facebook pribadi mereka. Bisnis bisa memakai Facebook untuk berbagi konten, terlibat dengan pelanggan, menjalankan iklan, atau mungkin memakainya sebagai platform untuk memberikan dukungan pelanggan.

  1. Twitter

Dengan pengguna aktif bulanan mencapai 321 juta. Twitter yang memiliki logo burung biru ini memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kondisi Anda dalam sebuah tulisan. Dikenal sebagai pelopor penggunaan hashtag, Twitter adalah platform media sosial bagi pengguna untuk berbagi pemikiran, menjangkau merek dan selebriti, serta mengonsumsi berita dan cuplikan informasi.

Merek terutama menggunakan Twitter untuk layanan pelanggan karena ini adalah platform yang sering digunakan pelanggan untuk interaksi merek yang tepat waktu. Contohnya saja anda bisa lihat bagaimana Indihome menanggapi komplain pelanggan. Selain itu lihat juga bagaimana mereka memproyeksikan citra merek mereka. Para pengguna Twitter ini biasanya lebih unggul dan melek teknologi. Oleh karena itulah Twitter sudah menjadu sebuah pusat penemuan informasi.

  1. Instagram

Dengan pengguna aktif bulanan mencapai 1 miliar. Instagram ini merupakan sebuah platform visual berbasis seluler yang membuat Anda bisa untuk berbagi gambar dan video. Kepopuleran instagram saat ini memang sungguh luar biasa. Hampir sama seperti facebook yang setiap orang akan memiliki akun instagtam pribadinya. Di dalam instagram sendiri berisikan konten berupa foto hingga video yang berdurasi. Instagram meluncurkan platform video vertikal bernama IGTV yang memungkinkan Anda berbagi video yang berdurasi lebih dari satu menit.

  1. YouTube

Dengan pengguna aktif bulanan mencapai 1,9 miliar. Bisa dipastikan youtube menjadi platform pemasaran terbaik yang sangat efektif untuk saat ini. YouTube adalah platform berbagi video online yang memungkinkan Anda melihat, berbagi, dan mengunggah konten video. Banyaknya permintaan pemasaran video membuat para merketing membuat dan berbagi konten video di YouTube secara ekstensif.

  1. TikTok

Dengan pengguna aktif bulanan mencapai 1 miliar. Mirip dengan Snapchat dan Instagram, TikTok bersifat eksklusif seluler. Tiktok disini lebih condong pada video dan melayani audiens yang jauh lebih muda. Sehingga marketnya akan memilihnya untuk secara khusus pengguna Gen Z. Pemasaran influencer dan promosi berbayar baru mulai bermunculan. Karenanya, ia memiliki potensi yang luar biasa untuk mendorong kampanye viral berbiaya rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *