Berita Terbaru – Anda mungkin pernah mendengar istilah inbound marketing sebelumnya, tetapi masih bertanya-tanya apa yang membuatnya berbeda dari pemasaran online tradisional lainnya? Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 oleh hubspot. Sejak itu, inbound marketing telah menjadi salah satu metode pemasaran yang paling efektif dalam memasarkan bisnis online, menghasilkan arahan, dan meningkatkan konversi kampanye. Untuk lebih memahami apa itu inbound marketing dan cara kerjanya, mari simak pembahasan berikut ini.

Konsep Dasar Inbound Marketing Lengkap Dengan Cara Pemakaiannya

Apa itu Inbound marketing?

Inbound marketing adalah metode bisnis untuk menarik atau mendapatkan konsumen dengan membuat konten yang berharga dan relevan dengan target audiens. Berbeda dengan pemasaran keluar, yang merupakan teknik pemasaran yang “mengganggu” konsumen dengan konten yang tidak mereka inginkan, inbound marketing menghasilkan konten yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen.

Inbound marketing adalah metode pemasaran yang berpusat pada konsumen. Sederhananya, pemasaran dalam metode ini dimulai dengan membuat konten yang diinginkan oleh target audiens, bukan dengan mengiklankan produk atau layanan yang ditawarkan. Dalam model pemasaran tradisional, pemasaran dilakukan dengan menyebarkan informasi tentang bisnis Anda secara luas menggunakan iklan.

Dalam inbound marketing, yang Anda lakukan adalah fokus memberikan informasi penyajian konten yang dapat bermanfaat bagi konsumen. Misalnya dengan memproduksi ebook, infografik, atau artikel blog yang bisa bermanfaat bagi target audiensnya.

Keuntungan Inbound Marketing

  1. Dapatkan lalu lintas berkualitas. Dengan strategi pemasaran yang berfokus untuk menjangkau audiens yang tepat, Anda dapat menarik perhatian pelanggan target Anda untuk mencapai tujuan kampanye pemasaran digital Anda. Menerapkan strategi ini dapat mencegah bisnis Anda menghabiskan dana yang sia-sia yang hanya mendatangkan lalu lintas dari audiens yang cenderung tidak berubah menjadi pelanggan Anda.
  2. Tingkatkan Kepercayaan pada merek

Inti dari upaya inbound marketing adalah memberi pelanggan potensial Anda informasi yang mereka butuhkan bahkan jika mereka tidak tahu bahwa mereka menginginkannya. Tidak seperti metode pemasaran tradisional, yang memaksa penjualan pada pelanggan potensial di setiap kesempatan. Menggunakan strategi ini bisa menjadi cara untuk menggambarkan merek Anda sebagai merek yang selalu relevan dan terpercaya. Jadi, ketika calon pelanggan membutuhkan produk atau layanan, merek Anda akan menjadi yang pertama mereka kunjungi.

Metode Inbound Marketing

  1. Menarik

Saat sebuah hubungan dimulai, langkah pertama yang harus diambil adalah menarik perhatian. Sebagai sebuah brand atau bisnis, tentunya Anda perlu menarik perhatian orang-orang yang berpotensi menjadi customer Anda. Individu yang berpotensi menjadi pelanggan Anda disebut persona pembeli. Menarik perhatian pembeli membutuhkan strategi yang berfokus pada pembuatan konten berkualitas. Konten berkualitas adalah konten yang tidak hanya berhasil menarik perhatian pelanggan target Anda, tetapi juga dapat mengarahkan mereka ke langkah selanjutnya dari proses konversi.

  1. Konversi

Setelah Anda berhasil menarik perhatian pelanggan Anda, langkah selanjutnya adalah mengubahnya menjadi prospek berkualitas pemasaran (MQL). Untuk mencapai hal tersebut tentunya Anda membutuhkan informasi kontak dari pengunjung website atau akun media sosial Anda. Jadi tantangan pada tahap ini adalah bagaimana mendapatkan informasi kontak ini.

Untuk mendapatkan informasi yang Anda inginkan dari konsumen sasaran Anda, Anda harus menawarkan hadiah yang berharga bagi konsumen sasaran tersebut sehingga mereka bersedia untuk bertukar kontak mereka dengan informasi yang Anda tawarkan. Informasi seperti ini dapat anda tampilakan dengan berbagai macam cara seperti eBook, whitepaper, webinar, atau postingan blog.

  1. Penutupan

Langkah selanjutnya adalah mengubah prospek menjadi pelanggan Anda. Tahap “penutupan” biasanya dilakukan dengan menggabungkan upaya penjualan dan pemasaran, misalnya dengan membuat konten tentang promo produk atau layanan yang didistribusikan kepada prospek.

  1. Menyenangkan

Upaya inbound marketing Anda tidak berhenti begitu Anda mendapatkan pelanggan baru. Anda tidak boleh meninggalkan pelanggan begitu saja setelah mereka melakukan transaksi, karena itu bukanlah tujuan utama dari teknik pemasaran ini.Tujuan utamanya adalah untuk membangun loyalitas merek. Nah untuk mencapai ini Anda harus terus menunjukkan kepada konsumen bahwa merek Anda tetap dan akan terus memiliki nilai. Pada tahap ini, Anda dapat menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan mereka, atau mengirimkan email buletin yang memberikan informasi terbaru tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *